Minggu, November 27, 2016

Babi dan istilah lainnya

Sekedar mengingatkan kembali.*ISTILAH LAIN DAGING BABI*

Kasus beberapa waktu lalu di mana ada muslimah mengkonsumsi siomay yang ternyjata berisi daging babi menghebohkan dunia maya. Banyak umat Islam yang masih tidak paham dengan istilah-istilah yang terdapat di dunia kuliner tentang daging babi ini.

Seorang wanita berjilbab Makan Cu Nyuk

Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya kita mengenal istilah-istilah di dalam makanan yang mengandung daging yang diharamkan ini.

Founder Halal Corner Aisha Maharani lewat akun Twitter-nya @AishaMaharanie mencatat ada 31 sebutan lain untuk bahan baku dari babi dan turunannya. Istilah-istilah tersebut termasuk asing dan jarang didengar masyarakat Indonesia.

 Inilah daftar istilah babi:

Pig :
Babi muda dengan berat kurang dari 50 kg.

Pork:
Daging babi.

Swine:
Daging babi untuk seluruh spesies babi.

Hog:
Babi dewasa dengan berat melebihi 50 kg.

Boar:
 Babi liar, babi hutan, atau celeng.

Lard:
Lemak babi, biasa digunakan sebagai minyak untuk masakan, kue, atau bahan sabun.

Bacon:
Daging hewan yg diasapi, terutama babi.

Ham:
Daging babi bagian paha.

Sow:
Babi betina dewasa (namun istilah ini jarang digunakan).

Sow milk:
Susu yang dihasilkan dari babi.

Bak:
Daging babi dalam bahasa Tiongkok. Misal: Bak Kut Teh, bakkwa.
Char siu, cha siu, char siew: Mengacu hidangan kanton berupa daging barbeku.

Cu Nyuk:
Daging babi dalam bahasa Khek/Hakka. Istilah ini digunakan dalam makanan siomay dan bubur.

Rou:
Babi dalam bahasa Mandarin,
misalnya, hingshao rou, rou jia mo, tuotuorou, yuxiangrousi.

Dwaeji:
Daging babi dalam bahasa Korea, biasanya digunakan sebagai varian dalam bulgogi dan galb.

Tonkatsu:
Hidangan Jepang berupa irisan daging babi yang digoreng dengan tepung panir.

Tonkotsu:
Hidangan Jepang berupa ramen berkuah putih keruh, terbuat dari tulang, lemak, dan kolagen babi.

Nuraniku:
Sebutan daging babi dalam bahasa Jepang.

Yakibuta:
Hidangan Jepang mirip char siu, biasanya digunakan untuk toping ramen.

Nibuta:
Hidangan Jepang berupa pundak babi yang dimasak dengan sedikit kuah.

B2: Sebutan untuk makanan yang berbahan daging babi di daerah Batak dan Yogyakarta.

Khinzir:
Nama untuk babi dalam bahasa Arab dan Melayu.

Istilah lain dari "Daging Babi"

23. Charsiu
24. Mu
25. Chasu
26. Cu (hewan babi)
27. Nyuk/Yuk (Daging), jadi kalo “Cu Nyuk” itu artinya “Daging Babi”
28. Cu-Rou (Dabing Babi)
29. Cha
30. Siu
31. Baikwat (porkribs)

Dalam bahasa Cina, istilah “Cu-Nyuk” sendiri sebenarnya mengacu pada "babi". Herannya lagi, si penjual tidak memberikan peringatan apa-apa kepada si pembeli padahal mereka pasti tahu jika orang Islam haram mengkonsumsi daging babi. Mudah-mudahan saja si ibu berjilbab yang ikut makan Sioamy Cu-Nyuk itu disebabkan ketidakpahamannya.

Istilah Lain dari Daging Babi

Jika sewaktu-waktu kita ingin makan, terlebih di kawasan pecinan, maka berhati-hatilah dan bersikap waspada, karena di wilayah itu memang bertebaran aneka kuliner yang mengandung Babi.

Selain itu, yang juga perlu dicermati adalah $$KUE BULAN $$ Kue enak khas Cina ini jika bungkusnya ada STIKER MERAH atau GAMBAR BABI, ya itu berarti kue tersebut mengandung Cu Nyuk alias Babi.

Setelah membaca, Jangan lupa SHARE pada yang lain, Insyaallah Ridho dan Rahmat Allah akan kau raih. Amiin.
Semoga bermanfaat


Property Consultant
Rumah dijual
Paket wisata

Kamis, November 24, 2016

23 simple ways to practice self-love

23 simple ways to practice self-love 

1. Start the day with a positive thought
2. Surround yourself with positive people
3. End toxic relationships
4. Stop comparing yourself
5. Recognise that beauty is from within
6. Celebrate your achievements
7. Stop overthinking
8. Meditate
9. Embrace your uniqueness
10. Stop trying to satisfy everyone
11. Listen to yourself
12. Treat others well
13. Say nice things to yourself
14. Do more of what makes you happy
15. Count your blessings
16. Reach out to those that can make you feel better
17. Eat healthier
18. Remember opinions aren't facts
19. Read positive materials
20. Forgive yourself
21. Follow your passion
22. Get active
23. Be patient


Property Consultant
Rumah dijual
Paket wisata

Senin, November 21, 2016

Rumah Siap Huni Di Jalan Nimun Jakarta Selatan

Rumah Siap Huni Di Jalan Nimun Jakarta Selatan

Floor : 1
Land size : 660 m2
Building size : 300 m2
Bedroom : 5
Bathroom : 4 (2 inside bedroom)
Kitchen : 2
Electric : 2200 x 2
Jet pump : 2
Carport : 2
Car parking : 2
Garden : yes

Hubungi 087831318000 WA- 081296332259



















Property Consultant
Rumah dijual
Paket wisata

Minggu, November 20, 2016

Sedikit mengenai ibu di rumah dan ibu bekerja

 Copas dari WA

 Kajian hari ini mengenai "ibu dirumah dan ibu bekerja "

Pesan utk keluarga.
Suami istri hrs mempunyai 4time yg hrs di terapkan:
1.me time (utk suami/istri)
2.date time (utk menjaga keharmonisan)
3.family time
4.sosial time

Krn istri adalah jantungnya sebuah rumah maka suami wajib memahami tentang hati istri.jika istri mulai melampiaskan marah pada anak atau uring2 maka suami patut waspada krn itu tanda istri tidak bahagia secara batin.untuk itu suami wajib menjaga dan membahagiakan istri.

Untuk ibu dirumah:
Jangan biarkan dirimu tdk produktif dan tidak menjadi ibu yg di rindukan oleh anak.apa gunanya ibu dirumah jika anak tdk menjadikan ibu orang pertama yg di cari/dibutuhkan.

Untuk ibu bekerja :
Wajib hadir pd momen :
1.anak sakit
2.anak sedih
3.anak sedang berprestasi (usahakan dtng di setiap ada event lomba di mana anak kita menjadi pesertanya).

Waspadai perilaku anak:
1.ketika anak tdk lagi bercerita kepada ibu
2.ketika anak mulai mengunci diri di kamar dan tdk berinteraksi dgn kita
3.ketika anak sdh bs blng "mama kepo"ini indikasi ibu mulai disingkirkan.ibu hrs mulai introspeksi
4.ketika anak berani blng "yang penting nggak kayak ibu"saya ditanya seperti apa calon istri impianmu nanti

Warning utk ibu :
Jangan pernah mengambil wilayah aturan.krn itu adalah wilayah ayah.ini utk menjaga peran ayah tetap di hormati dan dihargai dalam keluarga.ibu hanya boleh memberi saran ke ayah(itupun ketika cuma berdua).dan ibu di larang membela anak ketika ayah sedang menerapkan aturan meski dlm hati tdk tega.lampiaskan itu ketika berdua dgn suami.

Itu ringkasan kajian hari ini.sekian dan terima kasih☺

------------------------------------------

IBU BEKERJA VS IBU RUMAH TANGGA
Fasilitator: Ust. Bendri Jaisyurrahman

Bagaimanakah hukumnya ibu bekerja? Beberapa ulama menyatakan, BOLEH namun dgn syarat2. Syarat2 tsb berkaitan dgn hal2 yg memuliakan wanita. Terlebih kalo pekerjaannya berguna buat umat.
Namun kita gak bahas itu.
-----
Tp kalo ditanya mana yg lebih utama, itu ga berarti pilihan satunya hina.
Keutamaan itu menunjukkan ada nilai lebih. Itu pun dgn syarat.
Misal, di Al Quran dikatakan yg utama itu orang mukmin yg kuat lebih dicintai Allah. Ya bukan berarti mukmin yg lemah itu hina. Tp ada syarat, mukmin dulu. Kalo kafir ya ga berlaku.
Ibu bekerja vs RT. Lebih utama di rumah kalo dr Al Quran. Tapi kalo jalankan fungsi keibuan. Ini kata kuncinya.
-----
Hadis tentang wanita yg utama. Kata kuncinya ada 2.
Nikahilah yg subur (al walud) dan mempunyai kasih syg yg buat orang (dlm kasus pasangan) atau anak (dlm kasus seorang ibu) pgn nempel terus (al wadud).
-----
Sampe udah nikah pun, masih deket sama ibunya, itu benar. Maunya apa2 sama ibunya, itu benar.
Nah ibu bekerja, itu sebenernya rawan, apakah dirindukan sm anak..
-----
Gimana spy al wadud terjaga? Makanya indikasikan sendiri, gimana sikap anak2nya di rumah..
Gimana cara naklukin hati anak?
Tipsnya:

1. Berpikir dan berperasaan positif. Punya naluri utk mengendalikan diri. Apa cara terbaik biar selalu berperasaan positif. Teorinya ibu yg suka menulis, emosinya cenderung lebih stabil.

2. Belajar menjadikan anak prioritas. Jgn ramah sama orang tp anak sendiri suka diomelin. Tips: sering liat wajah anak waktu bayi pas lg marah.

3. Ibu memiliki manajemen waktu. Wanita harus punya Me time - Couple time - Family time - Social time. Ibu rumah tangga itu lebih rentan stress. Krn hidupnya itu2 aja. Di rumah tp fungsinya sbg ibu hilang. Salahkan suami yg kadang ga peka. Kalo sering ngomel2 sm anak, bs jd krn istri ga bahagia sm suaminya.

4. Punya skill dasar agar ibu selalu dirindukan. Menulis, memasak, memijat, mendengar. Ga bs masak gpp, krn kita bangun RT bukan rumah makan. Tp biasanya yg selalu dirindukan anak itu masakan ibu. Jd mulailah belajar memasak. Belajar memijat yg baik biar anak selalu ngerasa deket, perut punggung, nanti anak jd mau lebih cerita. Mendengar, jadilah pendengar cerita dgn respon terbaik.

5. Merebut golden moment. Yaitu saat anak sedih, sakit, dan unjuk prestasi. Misal telat kerja set jam krn anak lg sakit, anak pasti jd ngerasa diperhatikan. Trus kalo anak lg pentas di sekolah, usahakan hadir.
-----
Beberapa indikator seberapa jauh anak sm ibunya. Kalo ini ada, darurat, ibu harus mulai pikirkan utk di rumah aja.. Krn kalo memaksakan bekerja tp sudah ada 6 indikator rusak ini, maka itu sudah tdk bs dilakukan. Ini sekedar saran kalo 6 indikasi ini muncul.

1. Anak selalu membangkang. Ibu yg gagal mengikat hati anak krn sibuk bekerja, indikasinya sederhana, anak selalu melawan apa kata ibunya. Krn kalo ada ikatan hati, anak akan taat meskipun terpaksa. Krn cintanya sm ibunya. Anak pgn kuliah di ekonomi, tp orangtua pgn kedokteran, diikutin sm anaknya. Tp saat anak minta, kita blg nggak enggak mulu.

2. Anak tdk hormat saat dimarahi. Saat kita menunjukkan marah kita, dia malah melawan/membantah. Apalagi skrg muncul sindrom mommy is enemy. Muncul ketika wanita tdk mengevaluasi perannya sbg ibu. Mending off dulu kerjanya.

3. Anak punya privasi. Ini menunjukkan dia tdk nyaman cerita sm bundanya. Bahayanya nanti dia gampang dikadalin. Kalo anak abg sudah mulai protect hp, bahaya. Gamau curhat.

4. Anak tdk pernah mendengar nasehat orangtua. Anak yg kalo lg dinasehatin blg "mama sotoy". Kalo anak sering blg "kata mamaku gini". Bersyukur.

5. Anak sudah mulai keluyuran di luar rumah

6. Anak sudah berani mengatakan kriteria jodoh asal ga kayak mama
-----
Ini buat bahan evaluasi.. silahkan di check list. Jgn sampe nunggu ini terjadi.. segera perbaiki fungsi dasar - menjadi ibu yg dirindukan..
-----
KESIMPULAN

Harus diingat, kalo ibu itu profesi utama, yg lain itu cm sambilan.
Kalo alasan ibu kerja itu udah hilang, maka sebaiknya segera kembali ke fungsi utama di rumah.
-----
Yg paling penting itu peran suami supaya peran ibu ga dimusuhin anak. Krn sekarang itu perannya tertukar. Ibu ngelarang makan es krim. Tp ayahnya ngebolehin.
Peran ibu itu memberi rasa nyaman. Peran ayah itu menegakkan aturan.
-----
Aturan itu wilayah bapak. Ibu itu bikin nyaman.
Kalo jaman dulu ga ngerti parenting tp fungsinya dijalankan dgn benar, yg biasa bikin nangis ayahnya, kalo jaman skrg mamanya. Akhirnya deket sm pembantu.
-----
Suami: bantu istri mendapatkan al wadudnya.
Istri jgn ambil alih wilayah aturan.
Kalo anak salah, jgn ngadu ke ayah. Blg, nanti mama blg apa sm papa? Ajarin anak jujur..
Al quran menyebutkan, aturan itu dipegang suami. Istri itu hanya memberikan usulan.
-----
Kemudian, penting bpk dan ibu utk lakukan harmonisasi. Krn kadang masalah anak itu cm 20%. Sebagian besar itu masalah suami istri yg ga beres dan berdampak ke anak.
-----
Suami harus bantu istri menjadi ibu yg dirindukan.. bahagiakan.. gembirakan.. buat dia merasa diperhatikan..
-----
Intinya kerja boleh asal memenuhi syarat fungsi dasar seorang ibu yang dirindukan anaknya..

Ps: mohon maaf kalo ada salah2 kata.

-------------------------------------------------


Property Consultant
Rumah dijual
Paket wisata

Jumat, November 18, 2016

Bughats Anak Gagak


Renungan Pagi
-----------------------

BUGHATS

Seorang ulama dari Suriah bercerita ttg do'a yg selalu ia lantunkan. Ia selalu mengucapkan do'a seperti berikut ini.

( ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺍﺭﺯﻗﻨﺎ ﻛﻤﺎ ﺗﺮﺯﻕ ﺍﻟﺒﻐﺎﺙ )

"Allahummarzuqnaa kamaa tarzuqul bughats"

("Ya Allah, berilah aku rezeki sebagaimana Engkau memberi rezeki kpd bughats.")

Apakah "bughats" itu...?
Dan bagaimana kisahnya...?

"Bughats" anak burung gagak yg baru menetas. Burung gagak ketika mengerami telurnya akan menetas mengeluarkan anak yg disebut "bughats". Ketika sdh besar dia menjadi gagak ( ghurab).

Apa perbedaan antara bughats & ghurab...?

Telah terbukti secara ilmiah, anak burung gagak ketika baru menetas warnanya bukan hitam seperti induknya, karena ia lahir tanpa bulu. Kulitnya berwarna putih.

Di saat induknya menyaksikanya,  ia tdk terima itu anaknya,  hingga ia tdk mau memberi makan dan minum, lalu hanya mengintainya dr kejauhan saja.

Anak burung kecil malang yg baru menetas dr telur itu tdk mempunyai kemampuan untuk banyak bergerak, apalagi untuk terbang.
Lalu bgmna ia makan dan minum...?

Allah Yang Maha Pemberi Rezeki yg menanggung rezekinya, karena Dialah yg tlh menciptakannya. 

Allah menciptakan AROMA tertentu yg keluar dr tubuh anak gagak yg dpt mengundang datangnya serangga ke sarangnya. Lalu berbagai macam ulat & serangga berdatangan sesuai dengan kebutuhan anak gagak, lalu ia pun memakannya... 
Masya Allah...

Keadaannya terus seperti itu sampai warnanya berubah menjadi hitam, karena bulunya sdh tumbuh.

Ketika itu barulah gagak mengetahui itu anaknya & ia pun mau memberi makannya hingga tumbuh dewasa & bisa terbang mencari makan sendiri.
Secara otomatis aroma yg keluar dari tubuhnya pun hilang & serangga2  tdk berdatangan lagi ke sarangnya. 

Dia-lah Allah, Ar Raziq, Yg Maha Penjamin Rezeki...

"Kamilah yg menjamin penghapusan (rezeki) di antara mereka dalam kehidupan di dunia ini." (QS. Az-Zukhruf : 32)

Rezekimu akan mendatangimu di mana pun engkau  berada, selama engkau menjaga ketakwaanmu kepada Allah, sbgmn sabda Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam:

"Sesungguhnya Malaikat Jibril membisikkan di dlm qalbuku bahwa seseorg tdk akan meninggal sampai sempurna seluruh rezekinya. Ketahuilah, bertaqwalah kpd Allah, dan perindahlah caramu meminta kpd Allah. Jgn sampai keterlambatan datangnya rezeki membuatmu mencarinya dgn cara bermaksiat kpd Allah. Sesungguhnya tdk akan didapatkan sesuatu yg ada di sisi Allah kecuali dgn menta'atinya."

Jadi...
Tidaklah pantas bagi orang2 yang beriman berebut rezeki & seringkali tdk mengindahkan halal haramnya rezeki itu dan cara memperolehnya. 

***
Ya Allah, Engkau Pemberi & Penjamin Rezeki, karuniakanlah kpd kami rezeki yg halal & barakah...

Yuu kita jemput rizki dengan melakukan aktivitas produktif kita hari ini,esok dan sampai ajal menjemput...



Property Consultant
Rumah dijual
Paket wisata