Sabtu, Juli 15, 2017

Untung Rugi

UNTUNG dan RUGI

Memahami riba sejatinya adalah memahami konsep keadilan dalam bermitra, berusaha, utang piutang, dan berinvestasi.
Inilah indahnya Islam mengapa Islam mengharamkan riba karena Islam tidak ingin berpihak pada satu pihak apalagi hanya kepada pemilik dana dan tidak ingin mendzalimi pihak manapun.
Jadi apapun bentuk akad dan perjanjian bisnis, investasi dan utang piutang jika memberatkan dan menguntungkan salah satu pihak pasti bukan syariat meskipun akadnya istilahnya SYARIAH.
Karena itu dalam akad Hutang Piutang tidak boleh ada margin, nilai tambah atau keuntungan. (Qardhul Hasan) Sedangkan dalam bisnis dan investasi halal asalkan sesuai aturan Syariah.

Hal yang perlu digarisbawahi dan perlu diingat bagi siapapun terutama bagi pemilik dana bahwa namax bisnis atau investasi gak ada yg PASTI untung..ada kalanya untung ada kalanya rugi..sdh sunnatulloh..sprti ada siang ada malam..ada hitam dan ada putih, ada terang dan ada gelap. Gak ada satupun manusia yang bisa memastikan usahanya kedepan PASTI untung, yang ada kita hanya bisa MEMINIMALISIR kerugian.

Untung dan rugi ada hikmahnya..blum tentu rugi adalah musibah, untung adalah berkah..rugi bisa jadi berkah jika smkin mendekatkan kita pada Allah, sedangkn untung bisa jadi musibah dn melalaikan kita pada Allah..Jadi jika seseorang pengusaha diuji kerugian sama Allah terus harus lagi menanggung keuntungan pemilik modal, yang ada modalx berkurang karena kerugian dia juga bertambah kerugian dgn beban keuntungan pemilik modal..maka terjadilah KEDZALIMAN dan KETIDAK ADILAN.

Karena itulah Allah mengharamkan konsep riba (bunga) dan sayangnya sistim ini juga yang diadopsi lembaga berlebel Syariah pada praktik umumnya walaupun di akad keliatan syariah.
Maka jangan heran ketimpangan ekonomi tetap semakin terjadi dinegara kita, walaupun lembaga berlebel syariah juga tumbuh subur di negara kita. Ibarat seorang ustadz yang faham teori dan jago dakwah tapi sering praktiknya malah bermaksiat.

Semua hanya karena mengingkari hal dasar, hanya mengingkari masalah  Sunnatullah UNTUNG dan RUGI.

#Jumat_Mubarok

Cuma copas dari WA

Tidak ada komentar:

Belajar Wordpress GRATIS di sini...

Belajar Bisnis Online